Ketentuan Dan Syarat Pendaftaran Calon Peserta Didik Baru MTsN 3 Mataram 

JALUR PRESTASI

Tahun Pelajaran 2024/2025

Panita Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) MTs Negeri 3 Mataram Tahun Pelajaran 2024/2025 menerima peserta didik baru melalui jalur Prestasi (Prestasi Bidang Keagamaan, Prestasi Bidang Akademik, Prestasi Bidang Non Akademik/Tahfizh), dengan ketentuan sebagai berikut:

A. PERSYARATAN DAN DOKUMEN JALUR PRESTASI

1. Beragama Islam.
2. Mengisi Formulir Pendaftaran secara daring (online) melalui website: mtsn3mataram.sch.id
3. Terdaftar sebagai peserta didik SD/MI terakreditasi A pada tahun 2024/2025 dibuktikan dengan foto kopi sertifikat akreditasi.
4. Usia maksimum 15 tahun pada tanggal 1 Juli 2024 yang dibuktikan dengan Akte Kelahiran/Surat Keterangan Lahir;
5. Memiliki persyaratan dan dokumen prestasi pada salah satu bidang prestasi yang dislelenggarakan oleh pemerintah atau Lembaga lainnya yang bekerjasama dengan pemerintah, sebagai berikut:

A. Bidang Keagamaan :

  1. Meraih juara 1, 2, 3 baca kitab turats, MTQ, MHQ, MSQ, Pidato Bahasa Arab, Kaligrafi minimal tingkat kabupaten dibuktikan dengan foto kopi sertifikat juara atau memiliki hafalan al-Qur’an (tahfizh) minimal 5 Juz, dibuktikan dengan surat keterangan dari lembaga tahfiz atau sekolah/madrasah
  2. Memiliki nilai rata-rata minimal 82 pada semester 7-11 (kelas 4-6) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (SD)/Al-Qur’an Hadits (MI), Bahasa Indonesia, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam yang dibuktikan dengan surat keterangan nilai rata-rata dari Kepala Sekolah/Madrasah

B. Bidang Akademik :

  1. Meraih juara 1, 2, 3 bidang akademik seperti: KSM/Myres/OSN/OSP/OSK/atau kempetisi sejenis yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, BRIN, dan Perguruan Tinggi terakreditasi dalam atau luar negeri, minimal tingkat kabupaten yang dibuktikan dengan foto kopi sertifikat juara.
  2. Meraih rangking (peringkat) 1, 2, 3 di semester 7-11 (kelas 4-6) dengan nilai rata-rata minimal 90 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (SD)/Al-Qur’an Hadits (MI), Bahasa Indonesia, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam yang dibuktikan dengan surat keterangan rangking dan nilai rata-rata dari Kepala Sekolah/Madrasah

C. Bidang Non Akademik

  1. Juara 1, 2, 3 dalam bidang olahraga, seni, atau keterampilan minimal tingkat kabupaten seperti AKSIOMA atau lainnya yang dibuktikan dengan foto kopi sertifikat juara.
  2. Memiliki nilai rata-rata rapor minimal 80 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (SD)/Al-Qur’an Hadits (MI), Bahasa Indonesia, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam yang dibuktikan dengan rapor atau surat keterangan rangking dan nilai rata-rata dari Kepala Sekolah/Madrasah.

6. Pas foto 3×4 = 1 lembar.
7. Tes Baca Al-Quran dan Tes Akademik.
8. Bukti Pendaftaran

B. KUOTA PENERIMAAN
Kuota penerimaan melalui jalur prestasi sebanyak 17 orang (5 Bidang Keagamaan, 7 Bidang Akademik, & 5 Bidang Non akademik).

C. WAKTU PENDAFTARAN

NO

KEGIATAN

TANGGAL

A.

Pendaftaran Jalur Prestasi

 

1.

Pendaftaran Daring/Online Jalur Prestasi

7 – 9 Maret 2024

2.

Verifikasi berkas: Tes Baca Al-Quran & Tes Akademik

13-14 Maret 2024

3.

Pengumuman Akhir/Final

15  Maret 2024

4.

Daftar Ulang

16 Maret 2024

D. TAHAPAN SELEKSI

Seleksi kelulusan dilakukan dengan 3  tahapan:

  1. Verifikasi berkas. Semua pendaftar berhak mengikuti tahap verifikasi berkas. Pendaftar yang tidak lulus verifikasi dinyatakan gugur.
  2. Tes Baca Al-Quran
  3. Tes Akademik

E. TATA CARA PENDAFTARAN

  1. Pendaftar melakukan pendaftaran secara online melalui situs website: sch.id
  2. Pendaftar mengisi data yang diperlukan sesuai yang disediakan oleh aplikasi pendaftaran.
  3. Pendaftar wajib melakukan pencetakan (Print Out) Kartu Peserta pendaftaran.
  4. Pendaftar wajib membawa bukti surat pernyataan pendaftaran bermeterai 10.000
  5. Pendaftar diharap terus memantau website resmi madrasah untuk mendapatkan informasi penting proses pendaftaran.

F. BOBOT PENILAIAN

Setiap prestasi yang diraih memiliki bobot nilai yang berbeda-beda sesuai dengan jenjang prestasi, mulai dari jenjang internasional, nasional, provinsi, dan kabupaten, Adapun bobot nilai  prestasi sebagai berikut:

BIDANG PRESTASI

BOBOT PENILAIAN

Internasional

86 – 100

Nasional

66 – 80

Provinsi

46 – 60

Kabupaten

26 – 40

Prestasi yang diraih adalah prestasi pada lomba yang diselenggarakan oleh lembaga pemerintah atau lembaga lainnya  yang bekerjasama dengan lembaga pemerintah.

G. KELULUSAN

Kelulusan calon peserta didik didasarkan pada nilai tertinggi dari penggabungan (akumulasi) nilai prestasi, nilai rapor, tes baca  Al-Quran, tes akademik dengan mengacu pada kuota yang tersedia.

H. DAFTAR ULANG

Berkas yang dikumpulkan sebagai persyaratan daftar ulang:

  1. Kartu Pendaftaran
  2. Kartu Keluarga (KK)
  3. Bukti pernyataan wali murid dan peserta didik bermeterai 10.000